Beranda HEADLINE Ribuan Santri PPM MBS bersama Koramil 09/Prambanan Nobar Film G30S/PKI

Ribuan Santri PPM MBS bersama Koramil 09/Prambanan Nobar Film G30S/PKI

48
BERBAGI

SLEMAN, Kabardaerah.com – Pondok Pesantren Moderen Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta yang terletak di Dusun Marangan, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman bersama TNI Angkatan Darat dalam hal ini Koramil 09/Prambanan Kodim 0732/Sleman menggelar nonton bareng film penghianatan G30S/PKI, Kamis (28/09) malam.

“Ada sekitar 2000-an santri dan pengurus pondok serta masyarakat sekitar menonton film G30S/PKI ini. Mengingat kata-kata Bung Karno Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah, sejarah jangan hanya diingat saja tetapi cukup diketahui dan tidak mengulang tindakan serupa,” ujar Wakil Direktur sekaligus salahsatu pendiri MBS Yogyakarta, H Muhammad Nasirul Ahsan, Lc, disela-sela nobar.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0732/Sleman, Mayor Inf Y Totok K, mengatakan pemutaran film kali ini untuk memberikan pelajaran sejarah kepada para santri di MBS Yogyakarta. “Supaya kejadian kelam saat penghianatan PKI di Indonesia tidak terulang kembali,” katanya.

Ditambahkan Totok, ideologi Pancasila tetap bisa dijaga jangan sampai ada pihak-pihak yang ingin mengganti ideologi tersebut. “Harapannya dengan kegiatan malam ini adik-adik bisa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, bisa membangun, mengisi untuk masa depan,” tambahnya.

Komandan Koramil (Danramil) 09/Prambanan, Kapten Inf Kusno, memberikan apresiasi MBS Yogyakarta yang telah memfasilitasi kegiatan nobar film penghianatan G30S/PKI. “Pemutaran film ini merupakan perintah langsung dari Panglima TNI tidak kepada seluruh jajarannya tidak terkecuali Koramil 09/Prambanan Kodim 0732/Sleman yang bersama dengan masyarakat melakukan pemutaran film G30S/PKI. Terimakasih untuk MBS Yogyakarta yang telah memfasilitasi nonton bareng ini. Semoga dapat memberikan pelajaran bagi kita semua yang menonton film tersebut pada malam ini,” katanya.

Perwakilan santri SMA PPM MBS Yogyakarta Kelas XI IPA, Zulhan Ainur Rohman, yang mengakui belum pernah nonton fim G30S/PKI ini mengatakan bahwa pemutaran film tersebut dapat memberikan pelajaran sejarah di PPM MBS Yogyakarta ini. (CDR)