Beranda HEADLINE Manfaatkan Peluang Usaha, Andy Memproduksi Bahan Baku Laundry

Manfaatkan Peluang Usaha, Andy Memproduksi Bahan Baku Laundry

30
BERBAGI

SLEMAN, Kabardaerah.com – Berawal melihat peluang usaha dibidang laundry, khususnya dalam produk chemical laundry yang digunakan, Andy Rakhmat Santoso (34) yang semula menjadi loper koran sejak tahun 2006 mencoba keberuntungan dibidang usaha produksi bahan baku laundry.

“Bahan baku laundry yang kami produksi seperti deterjen bubuk konsentrat dengan perendah busa, deterjen cair, chemical penghilang noda dan bibit pewangi laundry yang kesemuanya itu diproduksi sendiri,” ujarnya, Sabtu (06/12), ketika ditemui di tempat pengolahan pewangi laundry Dusun Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman.

Berkat kepiawaiannya tersebut, Andy telah menerima sedikitnya 40 penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional seperti The Best Entrepreneur of The Year 2009, The Best Young Entrepreneur of The Year 2010, International Good Company Award 2010, Best Quality Service of The Year 2010, Best Entrepreneur Moslem of The Year 2010, The Most Inspired for Service Excellent 2011, The Best Service Excellent Laundry 2012, Inovation Figure Development Award 2013, serta menjadi narasumber diberbagai acara seperti pada Talkshow Mendidik dengan Hati Bersama BJ Habibie. Selain itu baru-baru ini produk pewangi laundrynya menerima sertifikasi halal dari LPPOM MUI.

“Sertifikasi ini merupakan sertifikat halal pertama yang diberikan MUI kepada produk pewangi laundry,” katanya.

Pemilik waralaba laundry terbesar di Indonesia ‘Beach Laundry’ ini dalam membuka usahanya bertujuan memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berani terjun ke dunia usaha khususnya laundry guna menekan tingginya angka pengangguran. “Kami juga terus berupaya meningkatkan baik dari segi kualitas produk maupun sumber daya manusia untuk selalu mencapai hasil yang lebih baik,” tambahnya.

Hingga tahun 2017 dia telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan deterjen dan pewangi laundry dilebih 15.000 perusahaan laundry yang ada di Indonesia. (CDR)