Beranda HEADLINE DIY Rentan Terhadap Bencana, Dianggap Perlu Diselenggarakan Cadangan Pangan

DIY Rentan Terhadap Bencana, Dianggap Perlu Diselenggarakan Cadangan Pangan

29
BERBAGI

YOGYAKARTA, Kabardaerah.com – Mengingat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan wilayah yang yang memiliki kerentanan tinggi terhadap dampak bencana yang berpotensi terjadinya krisis pangan masyarakat sehingga perlu diselenggarakan cadangan pangan.

“Dalam rangka memberikan arahan dan kepastian hukum dalam penyelenggaraan cadangan pangan di DIY, maka diperlukan pengaturan mengenai penyelenggaran cadangan pangan tersebut dalam sebuah peraturan daerah tentang penyelenggaraan cadangan pangan,” ujar Ketua Pansus Penyelenggara Cadangan Pangan DIY, Anton Prabu Semendawai, SH, M.Kn, disela-sela rapat Pansus di DPRD DIY, Rabu (07/02).

Karena menginat terpenuhinya kebutuhan pangan merupakan hak dasar masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. “Dengan dibentuknya raperda ini diharapkan dapat mendorong cadangan pangan di DIY ini menjadi semakin baik,” katanya.

Ditambahkannya, dalam penetapan cadangan pangan Pemerintah Daerah DIY yang selanjutnya disebut cadangan pangan Pemda sepenuhnya dikuasai dan dikelola oleh Gubernur selaku pimpinan dari Pemda DIY. “Tidak hanya di Propinsi saja nantinya juga akan diberlakukan di Kabupaten/Kota se-DIY, bahkan sampai kepada tingkatan desa,” tambahnya. (Dewi)