Beranda HEADLINE Ditbinmas Polda DIY Menggelar Pelatihan Binmas Pioner

Ditbinmas Polda DIY Menggelar Pelatihan Binmas Pioner

15
BERBAGI

SLEMAN, Kabardaerah.com – Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda D.I.Yogyakarta menggelar Pelatihan Binmas Pioner kepada 43 orang yang terdiri dari 33 orang Babinkamtibmas Jajaran Polres/ta se DIY, serta 10 orang dari Ditbinmas Polda DIY. Pelatihan yang dimulai pada hari ini, Selasa (03/10/2017) hingga Rabu (04/10/2017) dilaksanakan di Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Mina Ngremboko, Dusun Bokesan Sindumartani Ngemplak Sleman.

Kepala Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Mina Ngremboko, Saptono, S.Pd, mengatakan Mina Ngremboko ini adalah lembaga Pelatihan yang berada dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Kelompok Perikanan di Mina Ngremboko ini beranggotakan 62 orang. Saat ini, Komunitas Unggulan yang sedang dibudidayakan yaitu Ikan Nila.

“Luas hamparan (tempat untuk budidaya) sekitar 30 hektar. Omzet kami kalau dari Ikan Nila sebulan sekitar 7 juta ekor. Kalau dikonsumsi sekitar (berpenghasilan) 12 milyar Rupiah selama setahun,” terangnya.

Secara khusus, Saptono mengucapkan terimakasih kepada Jajaran Polsek Ngemplak dan Bhabinkamtibmas Sindumartani, yang telah ikut membantu mengamankan aset Mino Ngremboko. Aset Mino Ngremboko sendiri berupa Kolam Ikan dan Ikan yang berjumlah sangat besar.

Sementara itu, Wakil Direktur Binmas Polda DIY AKBP Gunawan Priambodo, S.I.K., mewakili Dirbinmas Kombes Pol. Rudi Heru Susanto, S.H., M.H., mengatakan saat ini perkembangan sektor perikanan di wilayah D.I.Yogyakarta terus berkembang. Prospek budidaya ikan air tawar di DIY saat ini masih sangat menjanjikan. Akan tetapi banyak masyarakat belum tertarik menggelutinya.

“Padahal apabila budidaya ikan dilakukan dengan baik dan benar, maka akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan lingkungannya,” ucapnya.

Bhabinkamtibmas, menurut AKBP Gunawan diharapkan dapat sebagai pioner dalam kegiatan budidaya perikanan guna peningkatan pemberdayaan sektor perikanan. Artinya dapat dijadikan pelopor, penganjur, perintis jalan atau pembuka jalan bagi masyarakat mengatasi permasalahan yang ada terutama di sektor perikanan.

“Kegiatan ini dimaksudkan agar bhabinkamtibmas dapat menjaga ketahanan pangan di bidang perikanan serta dapat menjadi inspirator bagi masyarakat setempat untuk tertarik membudidayakan ikan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” ujarnya berharap.

Para peserta yang mengikuti Pelatihan ini disamping dibekali dengan teori tentang budidaya ikan yang benar, juga diberikan Pelatihan sederhana antara lain menyuntik, mengawinkan, cara mengolah, dan cara memberi makan ikan. Diharapkan nantinya pada saat kembali ke masyarakat, mempunyai keterampilan yang baik dalam melakukan pembinaan kepada Masyarakat dalam bidang Perikanan. (Tbr)