Beranda HEADLINE BKKBN Berintegrasi Dengan Mitra Kerja Dalam Program KB

BKKBN Berintegrasi Dengan Mitra Kerja Dalam Program KB

23
BERBAGI

YOGYAKARTA, Kabardaerah.com – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Integrasi Kampung KB bersama Mitra Kerja 2017 dibeberapa wilayah di Kota Yogyakarta, seperti yang dilakukan pada hari Minggu (24/12) di Kampung KB RW 12 Kelurahan Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta.

Disampaikan Ketua Kampung KB RW 12 Utami Wulandari, untuk di wilayahnya masih membutuhkan asana atau tempat pusat kegiatan KB, mengingat di tempat tersebut selama ini untuk kegiatan KB masih menggunakan rumah pribadi warga.

“Kami berharap nantinya akan ada asana di Kampung KB RW 12 Prawirodirjan ini, dan nantinya akan ada pula ciri khas bila memasuki Kampung KB seperti mural tentang KB di dinding kampung,” ujarnya.

Dia juga berharap untuk di Kampung KB RW 12 Prawirodirjan jangan sampai ada pernikahan di usia dini. Hal senada juga disampaikan oleh Penyuluh KB BKKBN DIY Witono, munculnya angka perceraian dikarenakan pernikahan dini.

“Usia di bawah 20 tahun menikah dikatakan sebagai pernikahan dini yang rentan akan perceraian, untuk itu dihimbau agar menikah minimal berusia 20 tahun,” katanya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Yogyakarta Eni Retnowati mengatakan dibutuhkan peran serta dari banyak pihak untuk mengontrol program KB di wilayah masing-masing. “Untuk itu makanya diadakan integrasi Kampung KB bersama mitra kerja, yang dimaksud mitra kerja adalah untuk tingkat kecamatan ada polsek dan koramil serta camat yang bisa ikut andil mengontrol laju pertumbuhan penduduk,” katanya.

Dia juga meminta peran aktif dari masyarakat yang belum mengikuti program KB untuk segera mendaftarkan diri. “Terutama peran serta dari bapak-bapak untuk mengikuti KB pria sangat dibutuhkan,” katanya.

Acara serupa juga digelar di Kampung KB RW 19 Brontokusuman, Mergangsan dan Kampung KB di wilayah Kecamatan Wirobrajan. (Mar)