Beranda HEADLINE Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta Sosialisasikan Syarat Pengiriman DOC

Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta Sosialisasikan Syarat Pengiriman DOC

36
BERBAGI

YOGYAKARTA, Kabardaerah.com – Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta mensosialisasikan persyaratan pengiriman Day Old Chicken (DOC) sesuai UU Nomor 16 Tahun 1992, PP Nomor 82 Tahun 2000 dan Permentan Nomor 37 Tahun 2014, yang diketahui bahwa di Daerah Istimewa Yogyakarta hingga saat ini masih endemis terhadap penyakit avian influenza sehingga pengiriman unggas baik dewasa maupun bibit perlu penanganan tertentu.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Balai Karantina Kelas II Yogyakarta, Drh. Ina Soelistyani,  Senin (04/12) saat menggelar jumpa wartawan di Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta. Adapun syarat kelengkapan administratif pengiriman unggas dimaksud adalah, harus dilengkapi sertifikat kesehatan yang diterbitkan oleh dokter hewan karantina ditempat pengeluaran, melalui tempat pengeluaran yang telah ditetapkan, dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina ditempat pengeluaran untuk tindakan karantina.

“Penerbitan sertifikat kesehatan harus dilengkapi sertifikat kesehatan hewan daerah asal yang diterbitkan oleh dokter hewan berwenang yang menerangkan jenis dan jumlah unggas, status situasi penyakit unggas di daerah asal, jenis pemeriksaan yang telah dilakukan serta pernyataan sehat dan layak untuk diberangkatkan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, tindakan karantina meliputi pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik. Pemriksaan dokumen dilalukan untuk mengetahui kelengkapan dokumen, kesesuaian antara isi dokumen dengan jenis dan jumlah unggas. Sedangkan pemeriksaan fisik dilakukan untuk mendeteksi keberadaan hama penyakit hewan karantina. “Agar kemudian dapat dilakukan tindakan karantina selanjutnya,” katanya.

Penolakan akan dilakukan bilamana dalam pemeriksaan dokumen terbukti tidak sesuai antara isi dokumen sertifikat kesehatan hewan dari daerah asal dengan jenis dan jumlah unggas. (Mar)