Beranda HEADLINE Angkat Potensi Pemuda Setempat dengan Angklung

Angkat Potensi Pemuda Setempat dengan Angklung

47
BERBAGI

SLEMAN, Kabardaerah.com – Memberdayakan potensi pemuda desa, Andy Rakhmat Santoso (Andy Ghalasa) mengajak para pemuda desa Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman yang menyalurkan bakat seninya melalui grup musik angklung.

Cakra Ghalasa nama grup angklung tersebut, berasal dari kata Cah Karangmojo (Cakra) dan Ghalasa diambil dari nama sang pengampu grup angklung itu sendiri.

“Pak Andy Ghalasa sebagai pendiri grup angklung ini memberdayakan potensi pemuda desa, terutama anak putus sekolah dan yang belum bekerja. Karena banyak dari para pemuda desa Karangmojo ini yang memiliki potensi seni,” ujar Koordinator Angklung Cakra Ghalasa, Ariyanto Boka, Kamis (28/12).

Lebih lanjut diungkapkan penabuh angklung ini, guna mengasah kemampuan timnya bermain angklung, dibuatlah jadwal latihan rutin yang diselenggarakan di base camp angklung Cakra Ghalasa di Karangmojo, Purwomartani, Kalasan, Sleman rutin tiga kali dalam seminggu.

“Kami latihan setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Tapi berhubung kami akan tampil disebuah acara malam tahun baru di Prambanan, maka latihan kami lakukan setiap hari beberapa waktu ini untuk memaksimalkan penampilan,” katanya.

Manager angklung Cakra Ghalasa, Irvana Hardiyanto mengakui grup angklung ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan grup angklung pada umumnya yang ada di Yogyakarta. “Kebanyakan grup angklung memainkan lagu jawa, tetapi kami selain memainkan lagu jawa juga membawakan lagu pop dan lagu yang sedang hits,” ungkapnya.

Dia juga berharap grup angklung yang beranggotakan tujuh orang personil ini akan bisa menginjakan kakinya diranah internasional. “Kami berharap dapat go internasional melalui angklung ini,” katanya. (Mar)